UTS PENGAJARAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA


PENGERTIAN MEDIA PENGAJARAN, ALAT PELAJARAN, ALAT PERAGA
Media berasal dari bahasa latin Medium yang bearti perantara yang dipakai untuk menunjukkan alat komunikasi.
Pendapat para ahli tentang Media Pengajaran:
·         Menurut Briggs (1970)
Media pengajaran adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta perangsang peserta didik untuk belajar. Contoh : buku, film, kaset, slide dll.
·         Menurut Gagne dan Reiser (1983)
Media pengajaran adalah alat-alat fisik dimana pesan-pesan instruksional dikomunikasikan. Contoh: buku, film, tipe recorder, dll.
·         Menurut Dinje Borman Rumumpuk (1988)
Media pengajaran adalah setiap alat baik software maupun hardware yang dipergunakan sebagai media komunikasi dan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.
Dari definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa media pengajaran adalah segala alat pengajaran yang digunakan guru sebagai perantara untuk menyampaikan bahan-bahan instruksional dalam proses belajar mengajar sehingga memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran tersebut.
Setelah memahami pengertian media pengajaran secara jelas kita harus memahami pula istilah-istilah yang memiliki pengertian hamper sama dengan media pengajaran yaitu alat pengajaran dan alat peraga. Hal ini sesuai dengan ungkapan dari B. Suryo Subroto (1984) yang menyebutkan bahwa terdapat 3 macam sarana pendidikan yaitu alat pelajaran, alat peraga, dan media pengajaran.
Alat peraga yaitu alat yang digunakan secara langsung dalam pelajaran. Contoh alat tulis.
Alat peraga yaitu alat pembantu pengajaran yang mudah member pengertian kepada peserta didik/suatu bentuk perwujudan dari suatu pengertian. Contoh: alat peraga kubus, balok, globe dll.
Dalam pembelajaran kimia ada banyak hal yang ingin dilakukan agar dapat dengan mudah memahami pelajaran kimia. Misalnya dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, menyenangkan, mudah dipahami, dan memiliki manfaat yang sangat besar untuk pengetahuan. Media yang sering digunakan sebagai penyampaian pembelajaran kimia antara lain :
1.      Dengan menggunakan Proyektor/LCD dan laptop
2.      Dengan menggunakan Microsoft power point dan Microsoft word
3.      Dengan menggunakan video dan animasi.
Dalam penerapan media pembelajaran masih tidak dilakukan dengan maksimal oleh seorang pengajar. Masih hanya bersifat apa ada nya dan biasa saja seharusnya dapat lebih di maksimalkan dan di kembangkan. Sebaik nya media pembelajaran yang diterapkan haruslah bersifat unik, menarik, menantang, menyenangkan dan tentu sangat memiliki pengaruh yang besar bagi wawasan dan pengetahuan. Tetapi sampai saat ini menurut saya media pembelajaran yang dilakukan sifatnya masih tidak menarik dan cenderung monoton serta membosankan.
Menurut saya, ide atau gagasan dan impian/imajinasi dalam pembelajaran kimia yang bisa diterapkan sebagai media pembelajaran kimia antara lain :
1.      Dengan media lagu, dimana siswa diminta untuk menghapal table periodic unsur dengan menghapalnya, sehingga dengan media yang menarik siswa juga akan lebih cepat menghapal nama-nama unsur.
2.      Bisa dengan menggunakan media berupa audio visual gerak dan juga bisa dengan media alat bantu pada saat praktikum, contohnya saat mendemonstrasikan praktikum pada larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

translate buku Raymond Chang

Lirik lagu Stary Night - Mamamoo

GAS IDEAL