UTS PENGAJARAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA
PENGERTIAN MEDIA PENGAJARAN,
ALAT PELAJARAN, ALAT PERAGA
Media berasal dari bahasa latin Medium yang bearti
perantara yang dipakai untuk menunjukkan alat komunikasi.
Pendapat para ahli tentang
Media Pengajaran:
·
Menurut Briggs (1970)
Media pengajaran adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan
serta perangsang peserta didik untuk belajar. Contoh : buku, film, kaset, slide
dll.
·
Menurut Gagne dan Reiser (1983)
Media pengajaran adalah alat-alat fisik dimana pesan-pesan instruksional
dikomunikasikan. Contoh: buku, film, tipe recorder, dll.
·
Menurut Dinje Borman Rumumpuk (1988)
Media pengajaran adalah setiap alat baik software maupun hardware yang
dipergunakan sebagai media komunikasi dan bertujuan untuk meningkatkan
efektivitas proses belajar mengajar.
Dari definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa media pengajaran
adalah segala alat pengajaran yang digunakan guru sebagai perantara untuk
menyampaikan bahan-bahan instruksional dalam proses belajar mengajar sehingga
memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran tersebut.
Setelah memahami
pengertian media pengajaran secara jelas kita harus memahami pula
istilah-istilah yang memiliki pengertian hamper sama dengan media pengajaran
yaitu alat pengajaran dan alat peraga. Hal ini sesuai dengan ungkapan dari B.
Suryo Subroto (1984) yang menyebutkan bahwa terdapat 3 macam sarana pendidikan
yaitu alat pelajaran, alat peraga, dan media pengajaran.
Alat peraga yaitu alat yang
digunakan secara langsung dalam pelajaran. Contoh alat tulis.
Alat peraga yaitu alat pembantu
pengajaran yang mudah member pengertian kepada peserta didik/suatu bentuk
perwujudan dari suatu pengertian. Contoh: alat peraga kubus, balok, globe dll.
Dalam pembelajaran kimia ada banyak hal yang ingin dilakukan
agar dapat dengan mudah memahami pelajaran kimia. Misalnya dengan menggunakan
media pembelajaran yang menarik, menyenangkan, mudah dipahami, dan memiliki
manfaat yang sangat besar untuk pengetahuan. Media yang sering digunakan
sebagai penyampaian pembelajaran kimia antara lain :
1. Dengan menggunakan
Proyektor/LCD dan laptop
2. Dengan menggunakan
Microsoft power point dan Microsoft word
3. Dengan menggunakan
video dan animasi.
Dalam penerapan media pembelajaran masih tidak dilakukan
dengan maksimal oleh seorang pengajar. Masih hanya bersifat apa ada nya dan
biasa saja seharusnya dapat lebih di maksimalkan dan di kembangkan. Sebaik nya
media pembelajaran yang diterapkan haruslah bersifat unik, menarik, menantang,
menyenangkan dan tentu sangat memiliki pengaruh yang besar bagi wawasan dan
pengetahuan. Tetapi sampai saat ini menurut saya media pembelajaran yang
dilakukan sifatnya masih tidak menarik dan cenderung monoton serta membosankan.
Menurut saya, ide atau gagasan dan impian/imajinasi dalam
pembelajaran kimia yang bisa diterapkan sebagai media pembelajaran kimia antara
lain :
1. Dengan
media lagu, dimana siswa diminta untuk menghapal table periodic unsur dengan
menghapalnya, sehingga dengan media yang menarik siswa juga akan lebih cepat
menghapal nama-nama unsur.
2. Bisa
dengan menggunakan media berupa audio visual gerak dan juga bisa dengan media
alat bantu pada saat praktikum, contohnya saat mendemonstrasikan praktikum pada
larutan elektrolit dan non-elektrolit.
Komentar
Posting Komentar