Pengajaran Zaman Now (UTS KAPITA SELEKTA)

UTS KAPITA SELEKTA

Pengajaran Zaman Now

               
            Guru di dalam proses belajar mengajar mempunyai peran untuk membantu supaya proses belajar mengajar siswa bisa berjalan dengan lancar. Seorang guru tidak menstransfer ilmu yang sudah dimilikinya, namun membantu siswa guna membentuk pengetahuannya. Seorang guru dituntut agar lebih memahami jalan pikiran dan cara pandang siswa. Guru haruslah profesional, kreatif dan menyenangkan dengan mengambil posisi sebagai orang tua yang penuh rasa sayang pada muridnya, teman sebagai tempat mengadu perasaan murid, fasilitator yang siap untuk melayani murid sesuai dengan minat serta bakatnya.
Ada berbagai macam karakteristik guru profesional. Yang pertama adalah taat pada perundang-undangan. Hal ini sesuai dengan kode etik guru Indonesia dimana guru melaksanakan segala kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan. Kebijaksanaan bidang pendidikan di Indonesia dipegang oleh pemerintah. Untuk hal ini seorang guru harus tahu tentang kebijakan pemerintah supaya bisa melaksanakannya. Baik untuk segala peraturan pelaksanaan yang telah dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional yang ada di pusat atau oleh dinas pendidikan daerah.
Karakteristik guru profesional yang kedua adalah memelihara serta meningkatkan organisasi profesi. Secara bersama-sama, guru menjaga dan meningkatkan mutu organisasi guru sebagai bentuk pengabdian. Hal tersebut menunjukkan bahwa perananan suatu organisasi profesi sebagai sarana pengabdian sangatlah penting. Organisasi profesi mempunyai peran untuk melakukan pengawasan mutu layanan atas suatu bidang profesional yang dilakukan secara kesejawatan, baik perorangan atau melalui organisasi profesi. Organisasi profesi diharapkan bisa melakukan pengawasan seperti yang dimaksud dan sudah siap untuk menjalankan fungsinya.
Sedangkan karakteristik guru yang ketiga adalah memelihara hubungan dengan teman sejawat. Di dalam kode etik guru disebutkan bahwa guru harus menjaga hubungan seprofesi, mempunyai semangat kekeluargaan, serta kesetiakawanan sosial. Untuk itu guru hendaknya bisa menciptakan dan memelihara hubungan dan semangat kekeluargaan serta kesetiakawanan sosial ke sesama guru di dalam lingkungan atau di luar kerjanya.
Karakteristik atas seorang guru yang sangat disenangi oleh murid adalah demokrasi, kooperatif, baik hati, sabar, adil, konsisten, suka menolong, ramah, terbuka, suka humor, menguasai pekerjaan, fleksibel, peduli dan perhatian terhadap minat murid, mampu menciptakan suasana yang baik di tempat kerja. (http://www.informasi-pendidikan.com/2013/07/karakteristik-guru.html)

Pada kenyataannya saat ini masih banyak oknum guru yang tidak demokratis, kooperatif, adil, suka humor, menguasai pekerjaan, fleksibel dan perhatian terhadap murid, serta mampu menciptakan suasana baik dikelas, terkhusus guru yang mengajar mata pelajaran kimia.
Ya gak sih ?
Banyak siswa yang mengatakan “mata pelajaran kimia itu sulit, hitung sana hitung sini reaksiin yang sana reaksiin yang sini, ih apalagi gurunya killer banget”. Hei, itu buka masalah mata pelajarannya, itu salah guru yang mengajar.
Mata pelajaran kimia jika diajarkan dengan cara yang menyenangkan dipastikan siswa yang mengatakan mata pelajaran kimia itu sulit akan berbalik mengatakan “ternyata mata pelajaran kimia itu asik juga ya apalagi gurunya ngajarnya asik banget”. Senang gak sih gurunya ? ya jelas lah senang.
Guru yang pilih kasih ?
Guru biasanya hanya akan terfokus pada ‘siswa’ yang aktif dan pintar. Bagaimana untuk siswa yang cenderung biasa-biasa saja ? tanggapan guru biasa-biasa saja, tidak merasa tertantang untunk membuat anak yang biasa-biasa saja paham dalam materi kimia. Saat mengajar guru cenderung bertanya kepada siswa yang pintar dan tidak perduli apakah siswa yang lamban dalam memahami materi paham atau belum, anggapannya guru kejar target “pokoknya materi ini harus selesai selama 1 minggu!”.
Selesai ? iya
Paham ? boro-boro
Hei, wahai kalian para pengajar pahamilah kapasitas kemampuan belajar setiap anak itu berbeda. Ada siswa yang cepat dalam memahami pelajaran kimia dan ada siswa yang cenderung lambat dalam memahami pelajaran kimia.
Jadi, solusinya bagaimana ?
Solusinya adalah guru harus bersikap demokratis, kooperatif, baik hati, sabar, adil, konsisten, suka menolong, ramah, terbuka, suka humor, menguasai pekerjaan, fleksibel, peduli dan perhatian terhadap minat murid, mampu menciptakan suasana yang baik di tempat kerja.
Bagaimana caranya ?
Mulailah dengan pengajaran yang menyenangkan, kalau kata kids zaman now  “ harus jadi guru zaman now jangan jadi guru zaman old mulu” manfaatkan fasilitas teknologi yang ada. Jadi guru jangan mau ketinggalan jauh dari siswanya mengenai teknologi saat ini. Saat mengajar jangan hanya ceramah sana ceramah sini, Ibu/Bapak guru itu nanti siswanya keburu udah mimpi indah. Sekali-kali saat mengajar selingi dengan video pembelajaran atau mendemontrasikan suatu percobaan didepan kelas supaya siswa lebih focus pada pembelajaran. Contohnya saat pembelajaran tentang materi indicator asam-basa guru bisa mendemonstrasikan/melakukan praktikum supaya dapat menarik minat siswa untuk memahami materi dan jika siswa diminta untuk melakukan praktikum, apa yang dilakukan(dipraktikumkan) akan cepat di ingat oleh siswa.
Saat menjelaskan materi jangan hanya focus dengan siswa yang pintar saja, mulailah tarik perhatian siswa yang biasa-biasa saja dengan mencoba mendekatkan diri dan bertanya apakah siswa tersebut sudah paham atau belum, jika belum jelaskan sekali lagi jika perlu minta siswa yang memahami materi untuk menjelaskan kepada siswa yang belum memahami materi, karena siswa yang belum memahami materi cenderung takut saat bertanya.
Saat mengajar juga jangan sering marah-marah, gak capek apa dibilang siswa guru killer ? Mulailah ubah image guru kimia killer, menjadi guru kimia yang baik hati. Dengan cara apa ? dengan cara mengurangi kekejaman, tegas boleh kejam jangan.
So, mulai sekarang untuk Ibu/Bapak guru kimia yang merasa dirinya tidak temasuk dalam guru zaman now ubahlah pola mengajar kalian supaya saat mengajar siswa akan merasa senang dengan mata pelajaran kimiaJ


Komentar

Postingan populer dari blog ini

translate buku Raymond Chang

Lirik lagu Stary Night - Mamamoo

GAS IDEAL